Ngoding Itu Ibadah?

·

3 min read

Ngoding Itu Ibadah?

Mubah merupakan salah satu hukum yang Allah tetapkan terhadap suatu aktivitas dalam Islam. Hukum ini biasa disebut dengan hukum syara' atau hukum syariat. Mubah berarti boleh dilakukan.

Dalam kehidupan sehari-hari tentu banyak sekali aktivitas-aktivitas mubah yang bisa dilakukan oleh seorang muslim, termasuk aktivitas ngoding yang pasti dilakukan semua programmer.

Layaknya hal-hal mubah lainnya, ngoding juga dapat menjadi makruh bahkan bisa saja sampai pada tingkatan haram. Pun sebaliknya, ngoding juga bisa menjadi sunnah bahkan bisa menjadi wajib.

Lantas bagaimana supaya aktivitas ngoding kita dapat bernilai ketaatan dan dapat bernilai ibadah disisi Allah?

Niatkan Karena Allah

إنما الأ عمال بالنيات، وإنما لكل امرئ ما نوى

Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan. (HR. Bukhari dan Muslim)

Meninjau hadis diatas maka wajib bagi kita meniatkan segala aktivitas sebagai kebaikan, namun bukan berarti kita dapat meniatkan sesuatu dengan kebaikan namun melakukan kegiatan yang buruk.

Sebelum memulai aktivitas ngoding, niatkan ngoding kita semata-mata untuk menggapai ridha-Nya karena kita menjalankan kewajiban untuk mencari nafkah, karena segala sesuatu itu tergantung niatnya.

Lebih baik lagi jika sebelum memulai aktivitas ini, kita mengambil wudhu terlebih dahulu, dan jangan lupa untuk mengucapkan Bismillaah.

Tidak Melanggar Syariat

Membangun website, alat, tools, atau utilitas lainnya yang mendukung kegiatan gambling/perjudian, membangun website porno, mengembangkan aplikasi yang ditujukan untuk melakukan penipuan, dan aplikasi-aplikasi buruk yang lainnya.

Contoh diatas, tentu salah, dilarang dan melanggar syariat Islam, maka hal-hal demikian tidak diperkenankan dan tidak dibenarkan.

Alangkah baiknya jika kita hanya membangun aplikasi yang tidak menimbulkan kemudharatan, aplikasi yang bermanfaat untuk kemaslahatan umat, seperti ikut berkontribusi mengembangkan Al-Qur'an digital, membangun website yang menampilkan hadis-hadis shahih, aplikasi streaming dakwah, dan aplikasi-aplikasi bermanfaat yang lainnya.

Tidak Meninggalkan Kewajiban

Aku tau ngoding adalah candu, ngoding sangat sulit untuk ditinggalkan, terlebih ketika kita sedang dalam mode serius, kita sedang melakukan fix terhadap suatu bug, maka saat itu ngoding adalah satu-satunya fokus kita.

Namun, kita tidak boleh meninggalkan kewajiban-kewajiban kita sebagai Muslim. Jangan sampai lupa waktu hingga lalai (menunda-nunda) bahkan sampai meninggalkan sholat.

Makan, minum dan istirahat yang cukup pun merupakan kewajiban kita. Kita wajib memberikan hak kepada tubuh kita untuk menjaga nikmat hidup dan nikmat sehat yang Allah berikan kepada kita.

Jangan Lupa Bersyukur

Poin terakhir, supaya aktivitas ngoding kita InsyaAllah dapat bernilai ketaatan disisi-Nya, yaitu bersyukur.

Syukuri semua Ilmu pemrograman yang kita miliki sekarang, syukuri berapapun salary/imbalan yang kita dapat dari hasil codingan kita. Jikapun tidak ada (open-source), bukankah kita tetap mendapatkan pahala karena niat kita untuk beribadah kepada Allah?

Penutup

Jangan lupa untuk selalu meminta ampunan kepada Allah dengan cara beristighfar, karena kita manusia tidaklah sempurna, barangkali ada kemunkaran yang tidak sengaja maupun sengaja kita lakukan saat sedang melakukan aktivitas ngoding.

Semoga Allah selalu meridhoi segala aktivitas mubah yang kita lakukan dan menerimanya sebagai ketaatan dan ibadah disisi Allah subhanahu wa ta'ala. Aamiin Allahuma Aamiin.

Wallahu a'lam bish-shawab,
Barakallahu fiikum.